Tuesday, March 29, 2011

The Best Skin Care Routine You Can Do



Hey, I've promised to you that I wanna share my daily skin care routine. Yaay!
Dengan melakukan perawatan secara tepat untuk kulit, kulit kita dapat terhindar dan meminimalisir berbagai masalah kulit. Memang sih sedikit repot, tapi percayalah lebih repot lagi kalau ada apa-apa dengan wajah kita.

Yang perlu diingat sebelum memilih produk skin care adalah mengenal jenis kulit kamu. Apakah kering, berminyak, atau kombinasi?

Gambar diatas adalah contoh rangkaian perawatan wajah (diambil dari brosur The Body Shop) yang sebaiknya kamu lakukan setiap harinya. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Mulailah dengan susu pembersih (cleanser). Setelah diaplikasikan ke wajah, menurut para pakar kecantikan lebih baik apabila mengusapnya dengan tissue kering. Tetapi saya lebih senang menggunakan kapas. Cleanser berfungsi untuk menghapus kotoran atau make-up di wajah.
  2. Cuci muka menggunakan sabun muka (face wash). Ingat, jangan sabun badan atau sabun yang lainnya. Harus sabun khusus wajah. Karena sabun badan terlalu keras untuk dipakaikan ke wajah.
  3. Gunakan toner. Toner yang baguus adalah toner yang kandungan alcoholnya tidak terlalu tinggi. Untuk mengetahui apakah toner yang kamu pakai mengandung alcohol tinggi, biasanya tercium dari baunya dan agak panas ketika diaplikasikan ke wajah. terkadang orang bertanya, "Untuk apa memakai toner lagi padahal kan sudah mencuci dengan sabun wajah?" Coba deh, seringkali masih ada kotoran yang menempel di kapas setelah menggunakan toner. Jadi cuci muka saja tidak cukup, apalagi kalau kamu memakai make-up. Cara menggunakan toner adalah dengan ditepuk-tepuk di wajah, bukan digosok.
  4. Pakai serum (bila ada). Serum adalah gel yang mengandung vitamin dan ekstrak lebih banyak dibanding krim atau moisturizer biasa. Serum digunakan apabila kamu menginginkan khasiat yang lebih dibandingkan krim muka. Gunakanlah serum dan krim muka berbahan sama atau memiliki merk yang sama supaya hasilnya maksimal.
  5. Krim mata (eye cream). Krim mata sangat penting, karena daerah dibawah mata tidak mempunyai kelenjar minyak dan tidak mempunyai jaringan otot. Jadi perlu sekali untuk menutrisi bawah mata dan menjaganya agar tidak cepat berkerut. Apabila memiliki mata panda (lingkaran hitam), menggunakan eye cream merupakan cara yang cukup ampuh.
  6. Krim pagi (day cream). Day cream bisa mengandung SPF untuk melindungi kulit wajah dari sinar matahari, tergantung dengan kebutuhan kamu. Yang perlu diingat adalah dalam mengaplikasikan day cream, jangan mengaplikasikannya secara berlebihan. Bukannya menghasilkan efek yang maksimal, malah akan menimbulkan komedo di wajah.
  7. Krim malam (night cream). Skip day cream dengan night cream untuk malam hari. Sebenarnya night cream lebih penting dibandingkan day cream. Mengapa kita harus mengaplikasikan night cream sebelum tidur? Karena malam hari ketika tidur adalah waktu kulit untuk beregenerasi.


*PERAWATAN TAMBAHAN:
  • Exfoliator scrub. Scrub wajah seminggu sekali berfungsi untuk meluruhkan sel-sel kulit mati. Sel-sel kulit mati yang menumpuk diwajah akan menghalangi regenerasi sel yang baik dan membuat wajah terlihat kusam. Selain itu, krim wajah akan juga berfungsi dengan maksimal.
  • Face mask. Masker wajah juga digunakan seminggu sekali. Fungsinya adalah untuk menutrisi. Pilih masker wajah yang sesuai dengan kebutuhan kulit kamu. Misalnya ketika berjerawat, gunakanlah masker jerawat. Apabila kulit kering, gunakanlah masker yang menutrisi dan melembabkan kulit.


Tidak sulit kan untuk merawat kulit? Memang sih terkadang masalah kulit dapat tetap muncul walaupun sudah melakukan perawatan wajah. Misalnya saja berjerawat yang disebabkan hormon, asupan makanan, dll. Yang terpenting kulit wajah tetap terawat dengan baik, maka masalah itu akan hilang nantinya.

Rangkaian skin care bisa di mix n match tergantung kebutuhan. Misalnya saja kamu mempunyai kulit berminyak dan berjerawat, lalu menggunakan rangkaian tea tree. Terkadang menggunakan seluruhnya membuat kulit over dry atau terlalu kering. Sehingga moisturizer bisa diganti dengan menggunakan krim untuk kulit berminyak saja (tidak untuk acne) untuk menyeimbangkan.


Hope that help....
If there's any question, feel free to ask me :)



Monday, March 28, 2011

Watch out for The Fake OPI Nail Polish!

I'm a huge fan of nail polish, and as a nail polish fan, who doesn't love OPI Nail Polish? But hey, watchout for the fake OPI!

Saya heran sekaligus tercengang, melihat banyaknya orang yang melakukan pemalsuan produk khususnya produk kecantikan. Produk palsu tentu saja tidak mempunyai benefit yang sama seperti produk aslinya. Justru, pemakaian produk palsu biasanya akan berdampak buruk bagi si pemakai.

Bagi pecinta OPI, tentu saja sudah tidak asing lagi dengan online shop yang membuka lapaknya di facebook maupun website lainnya. Dan mereka menjual kuteks OPI dengan harga yang lebih murah daripada di counter resmi OPI. Menggiurkan memang, tetapi hati-hati akan OPI palsu!


Berikut ini tips-tips cara membedakan kuteks OPI asli dan palsu:

1. BE SMART
OPI di Amerika dijual dengan kisaran harga USD.8.50 - USD.10.00.
Di Indonesia nail polish OPI dijual resmi mulai Rp.125.000 - Rp.180.000/botol. Jadi bila kamu bisa membeli OPI eceran dengan harga dibawah Rp.90.000 (40% dibawah harga normal) - PATUT DIPERTANYAKAN. Apakah OPI tersebut ASLI? Be Smart - Dengan harga segitu seller masih harus mengambil keuntungan penjualan serta menanggung ongkos kirim USA - Indonesia.

2. BE CAREFUL
Seller tidak sebodoh yang kita bayangkan. Mereka belajar dari pengalaman. Karena banyak pembeli yang bertanya kepada seller “OPI asli koq murah sih?” Ada seller nakal yang menjual OPI palsu dengan harga mahal. Dengan modal misalnya Rp.50.000. Seller akan menjual OPI dengan kisaran harga Rp.80.000 - Rp.100.000 kepada reseller. Para reseller OPI palsu ini kemudian menjual lagi dengan harga Rp.120.000 - Rp.150.000 mendekati harga OPI asli. Dengan harga mahal mereka berpikir bisa menyamarkan OPI palsu menjadi asli.


Lihat tutup botol OPI. Tutup botol pada OPI asli, pada bagian batang huruf 'P' terdapat lubang.


APABILA SYARAT DIATAS TIDAK TERPENUHI, OPI TERSEBUT PALSU. TIDAK PERLU MELAKUKAN PENGECEKAN LAGI.



OPI asli memiliki stiker dibawah botol. Pada stiker tersebut tertulis judul warna. OPI selalu menggunakan judul yang berbeda di setiap warna. Jadi bila Anda membeli 3 botol OPI warna yang berbeda dan menemukan judul yang sama dibawah botol. Berarti OPI tersebut palsu. Tidak peduli Anda membeli dengan harga Rp.50.000 atau Rp.180.000.
Foto di atas kanan adalah sample OPI palsu. Pada stiker terlihat judul “That’s Berry Daring” - warna That’s Berry Daring yang betul adalah pink-merah bukan hijau. Untuk mengecek judul OPI dan warna seharusnya lihat di www.opi.comatau search disini GoogleImages. Di www.google.com bagian images ada ratusan foto dari para penggemar OPI di seluruh dunia.




Tutup botol OPI palsu (kiri) tampak lebih tipis dari tutup OPI asli. Selain itu dari segi texture bila dipegang tutup OPI palsu terbuat dari plastik. Sedangkan tutup OPI asli terbuat dari lapisan karet dan tidak licin bila dipegang. Tutup botol OPI asli lebih berat daripada tutup botol OPI palsu.



Bila dilihat dengan cermat, botol OPI palsu tampak sedikit lebih kurus, tinggi, dan lebih ringan. Terkadang ditemukan penempatan tulisan yang berbeda / miring, atau salah ketik.





Kuas OPI yang asli memiliki emboss logo pada batangnya. Teteapi hati-hati, sudah banyak OPI palsu yang mempunyai logo emboss juga pada batang kuas, walaupun sedikit kasar. Jadi, tetap berhati-hatilah!


Apabila kamu ragu:


1. Beli lah 1 botol OPI dari counter resmi OPI atau Sogo
Walaupun membeli OPI dari counter resmi lebih mahal. Namun sangat berguna bagi orang awam. Terutama bagi Anda yang belum pernah memakai OPI. Dengan membeli OPi di counter resmi maka Anda akan mengetahui dan memiliki panduan bagaimana kualitas OPI seharusnya.
2. OPI tidak menjual barang sisa pabrik
Bila seller meng-claim dengan mengatakan:
OPI ASLI tapi tidak lolos QC / sisa pabrik / sisa export
OPI ASLI tapi ada cacat dari pabrik
OPI ASLI KW
OPI dari Thailand / Korea / Jepang harga murah karena sedang expo.
Saya sudah mengkonfirmasikan dengan pihak OPI Indonesia dan USA, dan mereka mengatakan bahwa OPI tidak pernah me-release produk yang tidak lolos QC ataupun sisa pabrik/sisa export di pasaran. Produk tidak lolos QC memiliki kandungan / ingredients yang tidak semestinya dan tidak layak untuk konsumen maka langsung dihancurkan (destroy). DAN OPI tidak pernah mengadakan expo. Saya rasa produk ternama seperti OPI tidak perlu mengadakan expo karena semua orang sudah tau.
3. Apabila membeli OPI via ONLINE:
Tanyakan kepada seller, apakah mereka menjamin kalau produk OPI tersebut 100% asli. Apakah mereka mau memberikan retur apabila ternyata terbukti bahwa OPI tersebut tidak asli. HATI HATI dengan seller yang hanya memiliki website / facebook / online shop tanpa disertai toko / tempat usaha resmi. Apalagi seller tanpa identitas yang jelas seperti nama lengkap, alamat rumah, dan nomer telpon rumah / tempat tinggal. Karena pembelian produk OPI biasanya melibatkan uang jumlah besar. Online shop yang benar bersedia memberikan soft copy KTP kepada pembeli.

Info seputar OPI bagi expert/pemilik salon:
Bagi ekspert, biasanya hanya dengan 1x merek bisa mengetahui apakah OPI tersebut asli atau palsu. Biasanya perbedaan itu terlihat dari kualitas tekstur cat, bau kuteks, dan model kuas. Kuas OPI asli telah dipatenkan di USA dan telah di-approved. Selain itu OPI palsu bila dioles di kuku kadang terlihat berbuih. Setelah dioles selama lebih dari 24 jam susah dibersihkan menggunakan remover.

International news from OPI
China telah melakukan pemalsuan produk OPI sejak tahun 2004, agar harga jual lebih murah. Pabrik kutek mengakali dengan ingredient 70% nail polish dan 30% campuran cat biasa dengan tambahan toluene & DBP. Fungsi toluene agar warna bisa pekat namun tidak kental. Warna kutek fake OPI / OPI palsu sangat melekat di kuku. Tidak bisa dihapus bersih dengan nail remover terutama warna gelap hitam, merah, dan ungu. Walau digosok dengan kuat, fake OPI tetap meninggalkan bekas warna di kuku. Ini adalah effect zat kimia DBP. *Toluene & DBP adalah zat kimia berbahaya pemicu tumbuhnya sel kanker dalam tubuh.

**Artikel dan foto bersumber dari