Tuesday, April 15, 2014

Curly Hair Transition


OMG! Senyum-senyum sendiri kalau lihat foto-foto diatas.... Born with natural curly hair, sempat dilurusin, sampai akhirnya balik lagi ke rambut asliku. Kalau sebelumnya aku pernah cerita tentang rambutku disini, now I wanna share my hair transition story!

1992. Aku lahir 21 Januari 1991. Di foto ini aku masih berumur 1 tahun, putih banget, lagi lucu-lucunya... Rambutnya udah brindil dan warna aslinya tidak terlalu hitam pekat.

1995. Ini fotoku pas berumur 4 tahun, pas foto untuk masuk TK. Pas masih playgroup rambutku sering digundulin katanya sih supaya tumbuhnya lebih lurus, eh yang ada malah tambah keriting dan tebal. Sering dipakein bando juga sama mami supaya tambah imut!

1997. Di foto ini aku kelas TK B, umur 6 tahun. Rambutnya makin kribo... makin panjang makin tinggi karena setelah disisir mengembangnya maksimal banget. Di stage ini aku mulai ditanya-tanya sama teman-teman: "Kamu kok rambutnya keriting gitu, pasti sering makan Indomie". Rambut kribo gini nih yang bikin guru TK demen banget narik aku pas istirahat buat dikuwel-kuwel rambutnya.

1998. Aku berumur 7 tahun, sekitar kelas 1 SD. Rambut keritingnya udah mulai panjang jadi bisa dikucir setengah, terus dibelakang dipakein pita yang lucu-lucu.

2004. Ini fotoku sekitar kelas 6 SD mau masuk SMP. Pokoknya pas SD setalah rambut memanjang, style harian aku pasti dikepang dua atau lebih. Kok lebih? Iya beneran, bisa sampai kepang 10 kalau mamiku lagi niat. Tapi paling sering dikepang dua, alasannya supaya enggak gampang kusut dan gampang disisirin sama mami karena aku enggak bisa nyisir rambut sendiri. Awal masuk SMP aku memutuskan untuk di-rebonding (teknik pelurusan rambut saat itu)

2008. Karena aku enggak bisa nyisir sendiri dan melihat rambut teman-temanku di sekolah hampir semuanya lurus (juga pengaruh suka diejek karena rambutnya paling keriting), aku memutuskan untuk rebonding pertama kalinya tahun 2004. Rebonding awal kelas 1 SMP, sempet gagal karena setelah dikeramas balik keriting lagi dan aku nangis-nangis. Akhirnya cari salon yang lebih bagus, dan rambutku berhasil lurus banget banget! Rebonding waktu itu sekitar 500k dan memakan waktu 5 jam untuk rambutku. Ini fotoku sewaktu SMA.

Awal 2009. Udah kelas 3 SMA nih, makin centil rambut lurusnya suka diikal-ikal pakai rol sosis atau pakai koran untuk ke sekolah. Masih rutin juga rebonding setiap setahun 2x.

Pertengahan 2009. Lulus SMA! Aku diterima di Unpad, which is universitas negeri yang mahasiswanya berasal dari berbagai daerah di Indonesia (fyi aku dari TK sampai SMA di Santa Angela, swasta, dan mostly temannya masih sama dari TK). Aku mulai berpikiran untuk balikin lagi rambut keritingku karena dilurusin tuh capek banget, mahal pula! Rambut keriting yang tumbuh di bagian atas sudah cukup panjang, tapi bawahnya masih lurus banget. Akhirnya aku ke salon untuk mengeriting kecil-kecil rambut bagian bawah supaya sama dengan rambut yang tumbuh. Pegawai salon udah bilang kalau rambut yang pernah kena obat pelurusan tuh enggak bakalan ampuh kalau dikeriting, tapi aku maksa. Hasil akhirnya keriting buatannya malah aneh memang, dan enggak bisa sama dengan keriting aslinya. Model rambut enggak sering aku urai, sering aku ikat karena kurang PD.

2010. Ohh transisi rambut ini cukup mengikis rasa percaya diri, because you have two types of hair in one head! Rambut keriting bagian atas makin tumbuh panjang, jadi keriting buatan di bagian bawah aku potong terus sampai akhirnya habis, dan tinggal rambut asli aja semuanya. Kalau lihat di foto aneh banget memang, tekstur rambut bagian bawah enggak sama dengan yang atas. Tapi disabar-sabarin aja. Tahun 2011 finally rambutku balik lagi semua ke keriting asli karena yang keriting buatannya sudah habis dipotong secara berkala.

2014. Sejak rambut asliku balik lagi, kepercayaan diriku semakin meningkat, bahkan lebih pede daripada pas berambut lurus. 2 tahun mengalami transisi rambut yang enggak gampang untuk dilalui, akhirnya berasa bebas juga! This is me now, lebih pede, lebih bersyukur sama Tuhan ternyata rambut asliku yang dikasih Tuhan itu yang terbaik. Intinya sih udah kapok dilurusin permanen lagi karena balikinnya enggak gampang. I feel blessed! Dengan rambutku yang sekarang walaupun awalnya enggak terbiasa diliatin orang di jalan tapi saat ini aku udah lebih cuek sama apa yang dibilang orang. Ada juga kok yang bilang kok ga dilurusin lagi, jawabanku simple aja: rambut asliku lebih bagus dan bikin hoki. Hahaha....



Jujur aku udah enggak mau lagi dilurusin permanen rambutnya, no no no! Masa transisi rambut dari lurus ke keriting itu menurutku sulit. Berasa aneh aja punya 2 jenis rambut yang berbeda di satu kepala. Aku mengakalinya dengan mengeriting lagi rambut yang lurus supaya tidak tampak begitu berbeda (walaupun memang orang salon bilang obat pengeriting gak bakal ampuh di rambut rebonding) Ini aku kasih detail foto-foto rambutku waktu transisi:


SMA, rambutnya masih sering di rebonding setahun 2x.... Hahaha pengin ketawa liat fotonya nostalgia banget!



Ini rambutku setelah keriting buatan di bagian bawah dipotong, short hair for the first time pas kuliah semester 2....



Makin lega karena rambut keriting asliku cepet juga tumbuhnya (aku rajin pakai vitamin rambut dan hair mask di rumah). Bisa dilihat di foto berikut, tekstur rambut bawah masih beda sama yang atas...



Finally setelah hampir 2 tahun penantian, rambut yang bekas rebonding dan pengeritingan itu pun habis dipangkas, dan sisanya tinggal rambut asliku semua. Yeaayy!! Rasanya pede banget, langsung sign up ikutan Gogirl Look 2011 dan berujung sampai semifinalist 60 besar.



And this is me now.... Oh dear curly girls in the world, please jangan lurusin rambut secara permanen. Bring up your sexy curls! Percayalah kalau kita pede, orang lain pun bakal melihat hal yang sama. Awalnya juga aku merasa awkward sering diliatin orang kemanapun aku pergi. Tapi memang apa yang udah dikasih Tuhan dari sananya itu yang terbaik... Lihat sendiri kaan rambutku kalau lurus rasanya kurang cocok dengan bentuk wajah dan kelihatan biasa aja.


I'm happy with my curls!


Menulis postingan ini emosional banget karena hal ini sebenarnya malu banget aku 'buka' lagi. Tapi demi para readers dan curly girl diluar sana yang masih enggak pede sama rambutnya, hope you read this! Semoga postingan  ini bermanfaat ya :)


Have a nice day!

26 comments:

  1. I LOVE YOU and your gorgeous curly princess lovely hair.. XD

    ReplyDelete
  2. Dulu rambutku pas masih kecil juga keriting parah banget loh dr ujung rambut. Pas SMP aku juga rebonding hahaha, tapi entah mengapa sekarang berasa pede banget. Soalnya entah mengapa rambutku sekarang lebih mudah ditata. Atas lurus, bawah keriting. Jadi kinda keriting gantung hihihi. Nice post dear <3

    Sweetlikeapeach.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. soooo beautiful!
    aku masih belum pede nih. karena tipe rambutku bandel dan frizzi banget. jadi masih perlu bantuan catokan di bagian poni.

    semoga aku bisa mengikuti jejakmu ya :)
    www.missgrangerwannabe.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. setuju banget!! Lebih cocok dan eksotis kalo rambutnya curls.. Lebih cantik hihi..
    Rambut aku wavy, ngembang trus banyak flying hair walopun udah sisiran teteup aja keliatan kayak g sisiran gara2 flying hair itu -,-
    Tapi syukur dah dari dulu sampe sekarang gak pernah lurusin, rebonding ato smoothing rambut hehehe :D

    ReplyDelete
  5. Rambutku juga keriting, walaupun ga sekeriting Kak Agnes. Tapi dari lahir sampe mulai SD rambutku lurus! Terus mulai ikal-ikal dan lama-lama keriting kira-kira kelas 3 SD dan makin lama makin keriting. Aku ga pernah rebonding/smoothing rambut tapi dulu jaman SMA aku selalu nyatok rambut setiap pagi walaupun sekolahku masuk jam 6.30 dan aku udah harus berangkat dari rumah jam 5.30! Tapi akhirnya pas kuliah aku udah males nyatok dan akhirnya sadar kalo rambutku jadi rusak banget. Akhirnya aku bikin resolusi untuk ga nyatok rambut lagi. Sekarang udah tahun keempat rambutku ga kesentuh catokan :D Selain menghemat waktu di pagi hari, ini juga menyadarkan aku untuk belajar menerima dan mensyukuri karunia Tuhan :) And curly hair IS sexy! ;)

    Aku udah ngikutin blog ini cukup lama tapi baru pertama kali komen hehe... Salam kenal, Kak! Keep on inspiring :)

    ReplyDelete
  6. kak rambut kita sama-sama keriting hihi TOS YUK :)
    tapi aku pake jilbab sih jadi enggak ngefek, tapi ngerawatnya itu loh kak yang bikin patah hati
    rempong banget kadang :( disisir aja perlu perjuangan gigih hihi
    mau dong kak bikin blog post isinya ttg sharing caranya ngerawat rambut yang kaya kita gini nih :)

    ReplyDelete
  7. Tau gak kenapa org2 suka ngliati org rambut kriting, soalnya orang2 terpesona dg eksotisnya org berambut kriting.
    Itu terjadi ke aku soalnya, aku lokasi kerja aku sering lihat cewe org portugal dg kulit putih dan rambutnya keriting total, serius keliatan cantik & eksotis...
    Yg penting bersyukur atas pemberian Tuhan.

    ReplyDelete
  8. Rambut ku juga keriting dan ga pernah di rebonding, tapi bukan berarti keriting itu jelek, buktinya ada juga yg mw sama aku hehehe, yuuuk bersyukur

    ReplyDelete
  9. Wowwww...aku iriiiiii sama rambutnyaa....malah pingin banget punya rambut curly kayak gitu,kesannya kayak cewek2 latin yang seksi dan eksotis...
    Rambut kamu mirip sama punya temen salsa ku yang asli dari amerika latin....
    Pokoknya curly itu kereeeeen banget...
    Aku udah follow blog nya beberapa waktu yang lalu......main2 ke blog ku yaaaa

    http://intanheni.blogspot.com/

    ReplyDelete
  10. hai agnes... km gorgeous dgn rambut curly gitu...
    salam kenal :)

    ReplyDelete
  11. OMG lucunyaaaa... Aku malah mau punya rambut keriting gitu loh. Dari kecil rambutku lurus hitam pekat panjang. Pas SMA rambutku di rebonding dan mulai deh aku coba-coba ngecat rambut, sampe sekarang bleaching2 >< alhasil rambutku jadi kering. Tapi sekarang rambutku udah selamat dari masa2 kering >< mamahku masih gak rela rambutku di cat2 gitu >< hihihihi :p

    ReplyDelete
  12. bener banget, kak. kita harus mensyukuri apa yang sudah diberikan Tuhan karena itu sudah pasti yang terbaik buat kita. sebenernya rambutku ga keriting tapi aku juga pernah bonding 2 kali waktu SMP karena setelah potong pendek rambutku jadi ngembang parah. dan aku cukup menyesali keputusanku untuk bonding. akhirnya pas SMA aku ga mau bonding lagi. Emang iya perjuangan balikin rambut asli dari setelah dibonding itu berat. rambutku waktu SMA itu fase ancur2nya dan akhirnya sekarang rambutku kembali lagi walaupun tidak sebagus sebelum aku potong pendek hehehe. intinya emang harus selalu bersyukur. nice post, kak Agnes ^^ salam kenal

    ReplyDelete
  13. You're inspiring me sooooooooo much!!!!!!

    ReplyDelete
  14. Hi, Agnes..
    Aku pembaca setia setiap postingan kamu, dan ini pertama kalinya aku komen karena gatel. hehe
    Aku ngefans buanget sama rambut kamu dan sama gimana kamu membawanya dengan sangat percaya diri. Kalo lagi suntuk, kerjaanku adalah ngepoin ig kamu dan senyum senyum takjub ngeliat kamu dengan rambut kamu yang nyenengin banget itu. Hihihi
    Salam kenal ya.. sampein ke rambut kamu, kalo ada perempuan berambut lurus banget ngefans sama dia :)
    have a nice day ^_^

    ReplyDelete
  15. I love your curly hairrrr...

    Dulu rambutku seperti itu. Keritingnya persis. Tapi karena aku harus menjalani kemoterapi untuk kanker aku, jadi botak deh. Lalu tumbuhnya nggak seperti itu lagi. kinda miss it..

    Salam kenal ya.. baru pertama kali kesini. dan langsung memfollowmu.. Mari bertemannn

    Mampir ke blog ku yah. Ada postingan tutorial baru menggunakan warna paling hits tahun ini.
    Ditungguuuu....

    -MissPlum-
    http://plumblush.blogspot.com/2014/04/look-out-of-blue.html

    ReplyDelete
  16. I couldn't agree more with your statement, Kak Agnes. Memang bener, punya rambut keriting itu jadi salah satu gift yg berharga dan ga semua orang punya itu, hehehe. Meskipun punya rambut keriting itu sering jadi korban olok-olokan temen, tapi dari sana kita bisa ambil hikmahnya: people recognize us as curly girl and they won't forget us easily. Punya rambut keriting pasti paling diinget orang karena ada aja julukannya :D
    Beruntung saya gak pernah rebonding kak, krn saya yakin rambut keriting itu suatu saat bawa berkah, karena itu jd salah satu trademark dari diri saya. Apalagi pas di kampus saya liat Kak Agnes pertama kali, saya ngerasa beruntung dan ngerasa 'ada yg senasib' karena msh ada cewek berambut keriting yg masih bertahan dgn rambutnya, hahaha.
    By the way, selamat buat Kak Agnes yg sdh lulus! Semoga makin sukses kedepannya dan... stay curly! Go curly girls! :D

    ReplyDelete
  17. waaa rambutku juga dari kecil sampai sekitar kelas 5SD itu keriting banget.. tapi makin kesini jadi lurus padahal gak pernah di apa-apain huhu. btw i loooooooooooove ur curly hair kak

    ReplyDelete
  18. you look so much better with curly hair tbh :D keep rockin it. mine is as straight as a ruler. bo-ring

    ReplyDelete
  19. Dear Agnes, kamu lebih cantik dgn rambut asli kamu!!! Unik dan justru nilai lebihnya disitu :*

    ReplyDelete
  20. Ka aku juga punya rambut keriting tapi ga sekeriting kaka. Aku lebih ke wavy. Tapi ikalnya ga beraturan dan kompak. Jadi keliatannya berantakan banget. Tiap ketiup angin dikit langsung frizzy
    Gimana ya ka biar keritingnya rapi kaya kaka?

    ReplyDelete
  21. dulu, waktu kecil aku keriting banget. temen-temen sekelas sering banget tepuk-tepuk kepalaku, katanya rambutku unik gitu kalo dipegang. lama kelamaan, rambutku malah tumbuh jadi wavy dan tebel banget. mbak-mbak salon sering banget nawarin rebonding, tapi aku selalu nolak karena.. well, straight hair doesn't look good on me. memang sih rambut wavy/curly butuh extra care, kalo emang Tuhan kasihnya begini ya gimana lagi? it's best to love what you've got :)

    ReplyDelete
  22. Mbak agnes.. Nanya dong mbak.. Kalo rambut kriting tuh potong rambutnya dimana ya mbak? Abis aku kalo ke salon pasti dipotongnya dikeramas dulu.. Padahal kan rambut keriting kalo dikeramas jadi lurusan dan panjangan, hasil potongan pas basah jadi beda pas kering :(
    Oiya mbak Agnes bikin post ttg stylin rambut kriting dong mbak! :D banyak loh cewek cewek yg rambutnya kriting tp gak tau cara ngerawatnya dan ngaturnya gimana, makanya kebanyakan milih untuk di lurusin saja :(

    ReplyDelete
  23. gua suka bgt rambut looooo. smua cewe harus blajar embrace their curls. from one curly head to another, i salute you! Main2 ke blog gua yah, nes! BouncesAndCurls.blogspot.com :)

    ReplyDelete
  24. kak aku pengen ngembaliin rambut ku ke asli yang menggelombang abis smoothing itu caranya biar cepet gimana ya ? trus kira kira butuh waktu berapa lama ? udah gak betah sama rambut bekas smothing ternyata lebih bagus dan cantik kalo punya rambut asli yang sehat. aku nyesel smoothing kak.. udah aku potong pendek tapi lama panjangnya .

    thx please replay aku penggemar diam diam blog kakak. salut banget sama semangat kakak mau ngembaliin rambut bonding ke asli :)

    ReplyDelete