Monday, April 28, 2014

Olay #Best Beautiful

Bertepatan dengan Hari Kartini 21 April lalu, aku diundang oleh Olay untuk menghadiri acara Be Your Best Beautiful. Sebenarnya apa sih Be Your Best Beautiful ini? Jadi  Be your Best Beautiful adalah bagian dari kampanye global Olay yang menginspirasi wanita Indonesia untuk keluar dari stereotip masyarakat tentang makna kecantikan. Kampanye ini tentu saja berdasarkan survey yang sebelumnya telah dilakukan,  hasil survey Olay terhadap 2.235 wanita, yang mengejutkan, 6 dari 10 wanita Indonesia ragu untuk menampilkan yang tercantik dari dirinya. Kampanye ini bagus banget, admit it diantara kita pasti ada deh perasaan takut tampil cantik karena jadi bahan omongan orang, atau ada stereotip cantik itu enggak pintar. Baca terus postingan ini untuk tahu hasil mengejutkan lainnya dari survey #BestBeautiful.



Acara malam itu berlangsung di Hotel Four Season Jakarta dan dihadiri oleh para bloggers, isi acaranya menyampaikan hasil survey #BestBeautiful dan dilanjutkan dengan Beauty Class.



Brand ambassador Olay, Annisa Pohan menyampaikan hasil survey #BestBeautiful. Aku mendengarkan hasil surveynya sambil manggut-manggut karena kaget juga, faktanya masih banyak perempuan Indonesia yang belum berani tampil cantik karena takut jadi bahan omongan orang. Hadir juga penulis dan blogger Ninit Yunita yang berbagi seputar pandangan #BestBeautiful.


Survey #BestBeautiful dilakukan terhadap 2235 wanita Indonesia dengan usia antara 20-45 tahun yang berdomisili di Indonesia. Hasil surveynya sebagai berikut:

dari 10 wanita Indonesia menghindari menggunakan lipstik merah menyala pada hari pertama kerja.*

dari 10 wanita di Indonesia berpikir wanita harus mengenakan pakaian sesuai umur mereka.*

dari 10 wanita Indonesia takut untuk mengenakan pakaian yang mereka inginkan
untuk menghindari penilaian dari pacar mereka.*

Alasan utama 36% wanita Indonesia ragu untuk tampil cantik seutuhnya adalah karena mereka tidak ingin tampil mencolok, sementara 16% takut tidakdihargai atasan dan
10% menghindari komentar stereotip.*

34% wanita Indonesia harus memutuskan bahwa tampil cantik seutuhnya penting
untuk kebahagiaan dan kesehatan mereka.*


47% wanita Indonesia percaya bahwa tampil cantik seutuhnya dapat membuat
mereka lebih sehat dan bahagia*

30% wanita Indonesia butuh pengembangan pribadi sementara 51% membutuhkan faktor eksternal seperti spa, skincare, make-up dan pakaian untuk membantu mereka mengatasi hambatan dari tampil cantik seutuhnya.*


6dari10wanita Indonesia ragu untuk tampil cantik seutuhnya.*


* Berdasarkan hasil survey yang diadakan di Chanel Digital MRA Group yang diikuti 2.335 wanita
pada 14 Maret -14 April / 2014


Bisa lihat sendiri dari hasil surveynya, rata-rata wanita masih takut tampil cantik. Oh iya, sempet-sempetnya nih curi kesempatan untuk foto bareng Annisa Pohan, she's so pretty! Kemudian acara dilanjutkan dengan beauty class bersama Yongki Pitoy....




Beauty class ini menggunakan produk dari Olay dan Max Factor. Ada my fave Olay Total Effects Touch of Foundation! Olay Touch of Foundation ini double duty karena berfungsi seperti tinted moisturizer, pelembap sekaligus foundation dengan sheer coverage.


Setelah event selesai pastinya foto-foto sama bloggers yang hadir malam itu, semuanya tampil cantik dengan outfit bernuansa black and white!



Seusai mengikuti acara ini dan mengetahui hasil surveynya, aku kaget sekaligus juga sadar, karena akupun kadang masih mengalami hal seperti itu.... Takut pakai lipstick merah kalau bukan untuk special occasion, males pakai pakaian yang 'maksimal' dan cenderung pilih pakaian yang 'aman' biar enggak diomongin orang dan enggak mencolok.

Terlalu mendengarkan apa kata orang sehingga akhirnya membatasi diri sendiri untuk tampil lebih cantik. Padahal, kalau kita sudah merasa cantik dan nyaman dengan apa yang kita kenakan, kita pasti lebih bahagia kan? Dan memang omongan orang pasti sedikit banyak nyangkut dan terbayang-bayang di pikiran kita seharian, lalu akhirnya males pakai lagi benda yang diomongin jelek sama orang lain tadi.

Do you feel the same?


Pengalamanku nih, waktu itu lagi happy banget mau pergi pakai sepatu warna bold pink (seperti yang aku pakai di foto event diatas), pas mau keluar rumah dikomentarin: "kok mencolok banget sih sepatunya, enggak ada yang lain?" Belum juga berangkat udah dikomentarin, tapi pada akhirnya aku tetap pakai sepatu itu dan memberi pengertian ke orang rumah kalau sepatunya masih wajar untuk dipakai kok. Sampai sekarang sih udah enggak ada yang komentar lagi....



Ada juga pengalaman dengan lipstick merah. Ya stereotip lah ya, kadang orang pakai lipstick merah suka banyak dikomentarin juga. Kok mencolok banget sih warnanya? Ngapain siang-siang pakai lipstick merah?
Padahal menurutku ya sah-sah aja siang hari pakai lipstick merah, apalagi disesuaikan juga pakai eye makeup yang natural, pasti jadi seimbang dan enggak terlihat menor.
Belum lagi banyak yang "nyinyir" gara-gara rambut keritingku tuh kemana-mana diurai dan mungkin bagi orang lain mencolok, seperti yang pernah aku ceritakan di post sebelumnya, gara-gara nurutin stereotip kalau perempuan cantik itu harus yang berambut lurus, akhirnya bela-belain lurusin rambut.


Menurut aku, intinya sih selama kita nyaman dan merasa cantik, ya just go for it. Kita sebagai perempuan punya kendali kok atas kebahagiaan kita sendiri, dan setiap perempuan itu cantiknya masing-masing, keunikannya masing-masing, enggak bisa disamaratakan. Last but not least, video #BestBeautiful dibawah ini wajib ditonton, sukses bikin aku merinding dan sadar bahwa kita berhak untuk menampilkan yang tercantik dari diri kita!



Thanks for reading,
have a nice day!
xoxo

3 comments:

  1. wahh kak Agnes cantik sekali, sungguh menginspirasi.. ^^

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. i looooveeeeee the video...
    iya..sama banget, akupun gitu..
    dulu di awal-awal ngantor klo dandan suka dikomenin pedes sama cewe-cewe kantor.. sebagai anak baru sempet yang jadi ga pede dong..sampe baju pun dikomenin ANEH..sedih ga tuh...
    tapiii... setahun kemudian, pada minta di make up in, tiap ada acara kantor pasti adaa aja yang minta di make up in.. aku jualan baju pada suka, dan sempet off jualan tetep ditanya-tanyain dong kapan jualanya.. hehehehhe...
    aku sih orangnya kadang suka bodo amatan, yang penting aku suka yaa..aku jalanin, biar kadangpun suka kemakan omongan orang juga sih.. hehehe

    btw, masalah rambut kamu..aku suka ko rambut keriting kaya kamu.. keliahatan sehat banget rambutnya..

    salam kenal dear :)

    ReplyDelete