My Thoughts About #ZerotoHero




I feel blessed setelah 2 minggu roadshow #ZerotoHero bersama Intel. Baru kali ini bisa secara langsung sharing tips blogging dan beauty langsung di kampus-kampus dan mall, juga berkenalan dengan orang-orang inspiratif yang sukses di dunia digital. Aku rasa ini kegiatan yang bagus banget, karena aku pribadi merasa masih banyak orang yang belum terbuka dengan profesi 'unik', profesi yang berkaitan dengan dunia digital.

Tahun 2009 ketika aku duduk di kelas 3 SMA, yang namanya blogging tuh belum booming. Satu-satunya blog yang sering kubaca waktu itu punya kak Diana Rikasari (Hot Chocolate & Mint), yang isinya cerita seputar keseharian Kak Diana dan juga foto outfit yang keren-keren. Waktu sekolah sering ditanyain temen-temen, bedak apa yang bagus, perawatan kulitnya gimana, dan segudang pertanyaan beauty lainnya. Aku pikir kenapa gak tulis di blog aja ya, kan lumayan bisa dibaca banyak orang... karena orang-orang disekitarku aja masih banyak yang bingung cara merawat kulit dan berdandan, at least kalau aku tulis di blog kan yang baca enggak cuma orang terdekatku tapi semua orang bisa baca. Mamiku selalu mengajarkan aku untuk merawat kulit sejak dini, makanya begitu ketemu temen yang enggak pernah ngerawat kulit rasanya langsung deh pengin kasih kuliah 4 SKS gimana cara perawatan. LOL.

Aku pengin semua perempuan bisa merasa cantik dan pede dengan dirinya sendiri. Sebenarnya itu issue yang aku alami sama diri sendiri karena di tahun 2009 adalah tahun peralihan dimana aku mulai pede untuk menunjukkan rambut keriting asli (bisa baca postingan seputar peralihan rambut keritingku disini). Jadi di dalam blog ini pun aku pengin encourage juga para perempuan berambut keriting yang enggak pede, karena aku tahu banget rasanya di bully dan enggak dianggap cantik hanya karena punya rambut keriting. It hurts, I know... Butuh waktu lama untuk menanamkan keberanian menjadi diri sendiri dan berhenti meluruskan rambut.

Keberanian dan perubahan drastis itulah yang ikut mendorongku pada akhirnya duduk di depan komputer, sign up di Blogger.com, dan memberi judul The Curly Girl Journal untuk blogku. Woah seneng banget rasanya, setiap buka komputer selain mengerjakan tugas sekolah juga menulis konten tulisan untuk blog . Masih inget aku ngeblog pakai komputer Intel Pentium milik bersama di rumah yang masih ada sampai sekarang (yang diganti cuma seri prosesor Intel yang lebih baru dan layar komputer yang setiap taunnya semakin tipis). Awalnya blogku cuma dibaca 4 orang perhari, lalu berkembang 50 orang, dan sekarang mencapai 2000 orang per hari.

Gila, enggak nyangka yang tadinya bikin blog cuma buat sharing doang ternyata sekarang bisa jadi sumber penghasilan dan membawa aku ke banyak opportunity. Banyak banget brand jaman sekarang lebih menggunakan blogger untuk mempromosikan produk/jasanya daripada iklan yang budgetnya gede. Tahun lalu begitu lulus kuliah aku sempat kerja di sebuah perusahaan swasta selama 1 tahun untuk mencari pengalaman kerja kantoran. Well ternyata setelah setahun kerja aku memutuskan untuk lebih fokus di blogging karena jujur kerja kantoran bagiku 'gitu-gitu aja', maksudnya ya kita cape kerja seharian tapi buat orang, dan seringkali merasa udah kerja setengah mati tapi dapetnya segitu aja.

I want to be my own boss. Karena aku percaya yang namanya kerja sendiri tuh pasti lebih puas, kalaupun cape ya buat kesuksesan sendiri, dan penghasilannya bisa unlimited. Orang tuaku pun bingung awalnya, gimana bisa dari blogging dapet penghasilan juga. Sekarang mereka percaya setelah melihat aku ada di titik ini, dan salah satu pencapaian terbesar di tahun 2015 aku udah bisa mengisi apartment yang aku tinggali di Jakarta saat ini. God is good. Sebelumnya enggak kepikiran lho untuk beli-beli furnitur dan peralatan elektronik sendiri, dari hasil keringat, dan yang terutama bisa membahagiakan orang tua. That's what matter the most.

Aku mulai dari nol (zero) dan bisa seperti sekarang itu bukan perjalanan yang mudah. Butuh ketekunan, kesabaran, passion, doa, dan restu dari orang sekitar. I feel like I'm not a hero either, karena masih banyak blogger atau pelaku dunia digital diluar sana yang karyanya jauh lebih besar daripada yang aku. Tapi jangan pernah untuk berusaha menjadi lebih baik dari orang lain karena hal itu enggak pernah selesai, jadikanlah diri kita saat ini lebih baik dari yang kemarin.

Pembicara di roadshow Intel #ZerotoHero kemarin ada juga lho yang sukses dari jualan tiket online, produksi video di Youtube, punya bakery online, dan masih banyak lagi. Semuanya sukses di bidang dan passionnya masing-masing. Bermodalkan komputer/laptop dan internet, we can (almost) make anything happen. Betapa kita dimudahkan dengan adanya teknologi...... padahal kebayang kan jaman orangtua kita dulu, ngerjain tugas masih pake mesin tik, kalau bingung harus ke perpustakaan cari jawaban karena belum bisa googling.

Aku berharap semakin bisa berkarya dan membawa berkat melalui blog ini, juga bisa menjadi inspirasi bagi readers yang udah setia membaca blogku! Thank you guys for supporting me through this 6 years of blogging!!
Jangan pernah berhenti untuk mengejar passion, ketika kamu mengerjakannya sepenuh hati dan  memiliki niat yang baik, God will leads you to somewhere you can never imagine :)



Comments

Post a Comment